Translate language

Click

startMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

Minggu, 20 Maret 2016

Model data relasional, jaringan dan hirarkis serta relasi tabel

Model Data
1. Model hirarkis atau biasa disebut model pohon ini menggunakan pola hubungan dengan istilah orang tua dan anak. Terdapat juga istilah simpul (bercirikan kotak atau lingkaran). Simpul yang berada diatas yang terhubung ke simpul pada level dibawahnya disebut orang tua. Setiap orang tua bisa memiliki satu (hubungan 1:1) atau beberapa anak (hubungan 1:M), tetapi setiap anak hanya memiliki satu orang tua. Simpul – simpul yang dibawahi oleh simpul orang tua disebut anak. Adapun hubungan antara anak dan orang tua disebut cabang. Perbedaannya adalah, record-record diorganisasikan sebagai tree (pohon) daripada graf.



2. Model jaringan direpresentasikan dengan sekumpulan record (Pascal),dan relasi antar data yang direpresentasikan oleh record & lin. Model ini menyerupai model hirarki. Perbedaannya terdapat pada suatu simpul anak bisa memilki lebih dari satu orang tua. Model ini bisa menyatakan hubungan 1:1 (satu arang tua punya satu anak), 1:M (satu orang tua punya banyak anak), maupun N:M (beberapa anak bisa mempunyai beberapa orangtua). Pada model jaringan, orang tua disebut pemilik dan anak disebut anggota. Sebagai Contoh lihat gambar dibawah ini:



3. Model relasional berbeda dengan model jaringan & hirarki.Pada model data relasional pemodelan menggunakan tabel untuk merepresentasikan data & relasi antar data. Setiap tabel terdiri atas kolom, dan setiap kolom mempunyai nama variable tertentu.Inti dari model ini adalah relasi, yang dimisalkan sebagai himpunan dari record. Pada model relasional, skema atau deskripsi data pada model relasi ditentukan oleh nama, nama dari tiap field (Atribut atau kolom), dan tipe dari tiap field.



Kesimpulan:
Dari ketiga perbedaan model diatas, dapat kita simpulkan bahwa pada tiap model memiliki ciri yang berbeda. Seperti pada model relasional yang menggunakan table, model jaringan yang seperti pohon namun bisa memliki banyak orang tua dan anak, dan yang terakhir model hirarki yang hanya bisa memiliki satu orang tua-satu anak begitu sebaliknya.

Relasi Tabel
Perlu kita ketahui sebelumnya untuk pengertian Relasi itu sendiri yaitu adalah hubungan antara tabel yang mempresentasikan hubungan antar objek di dunia nyata. Relasi merupakan hubungan yang terjadi pada suatu tabel dengan lainnya yang mempresentasikan hubungan antar objek di dunia nyata dan berfungsi untuk mengatur mengatur operasi suatu database. Hubungan yang dapat dibentuk dapat mencakup beberapa macam hubungan, contohnya yaitu:

a. One to One
Mempunyai pengertian "Setiap baris data pada tabel pertama dihubungkan hanya ke satu baris data pada tabel ke dua". Contohnya : relasi antara tabel mahasiswa dan tabel orang tua. Satu baris siswa hanya berhubungan dengan satu baris orang tua begitu juga sebaliknya.


b. One to Many
Mempunyai pengertian "Setiap baris data dari tabel pertama dapat dihubungkan ke satu baris atau lebih data pada tabel ke dua". Contohnya : relasi antara tabel dosen PA dan tabel mahasiswa. Satu baris dosen PA atau satu dosen PA bisa berhubungan dengan satu baris atau lebih mahasiswa.


c. Many to One
Mempunyai pengertian "Satu baris atau lebih data pada tabel pertama dihubungkan hanya ke satu baris data pada tabel ke dua". Contohnya : relasi tabel mata kuliah antara tabel dosen. Satu baris atau lebih data mata kuliah berhubungan hanya dengan satu baris dosen.


d. Many to Many
Mempunyai pengertian "Satu baris atau lebih data pada tabel pertama bisa dihubungkan ke satu atau lebih baris data pada tabel ke dua". Artinya ada banyak baris di tabel satu dan tabel dua yang saling berhubungan satu sama lain. Contohnya : relasi antar tabel mahasiswa dan tabel mata kuliah. Satu baris atau lebih mahasiswa bisa berhubungan dengan banyak baris mata pelajaran begitu juga sebaliknya.

Thanks for reading, mohon kritik dan sarannya~

Dosen Pengampu: M.Ropianto, M.Kom
NIDN : 1028067804

STT Ibnu Sina Batam
Website http://stt-ibnusina.ac.id
sumber:
http://www.anakterminal.com/2012/02/perbedaan-antara-model-data-relasional.html
http://hellobeautifulthings.blogspot.co.id/2013/10/contoh-relasi-antar-tabel.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar/kritik menggunakan kata-kata yang baik